Kamis, 24 November 2011

Memantau Kinerja Hard Disk


                Dari seluruh komponen, hard disk merupakan perangkat keras yang paling vital. Jika prosesor, memori, atau kartu grafis rusak kita bisa menggantinya dengan yang baru. Namun jika hard disk rusak, bukan perankatnya tapi data di dalamnyalah yang sangat berharga.  Apalagi jika data tersebut menyangkut hal-hal penting atau rahasia yang bisa jadi bernilai lebih tinggi dibandingkan harga sebuah komputer.

                Oleh karena itu, sebelum hal buruk tersebut terjadi. Kita bisa memantau kesehatannya dengan menggunakan aplikasi Hard Disk Sentinel. Aplikasi ini mampu memantau dan menganalisis setiap hard disk yang terdeteksi.

                Aplikasi ini memantau status hard disk secara real time. Kita bisa mengetahui usia pakai da jangka waktu penggunaan suatu hard disk via informasi yang di tampilkan pada bagian analisis. Kita pun bisa mengukur kemampuan suatu hard disk dalam melakukan proses transfer yang dihitung berdasarkan kecepatannya. Nantinya hasil dapat dicatat dan dijadikan patokan dalam mendeteksi apakah kinerjanya stabil atau menurun.

                Sesuai fungsinya hanya sebagai pemantau, serta menganalisis hard disk. Kita tidak bisa memperbaiki segala permasalahan yang ada. Jadi jika terlihat tanda-tanda kerusakan sudah ada, cara terbaik adalah dengan melakukan backup data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar