Kamis, 24 November 2011

Manfaat Mandi


                Manfaat mandi tidak hanya menghilangkan aroma tubuh yang tidak sedap, namun juga menjaga kesehatan kulit. Kulit sebagai jaringan terluar manusia memiliki fungsi utama sebagai pertahanan tubuh dari kuman maupun zat-zat berbahaya yang berpotensi merusak tubuh. Mengingat fungsinya, maka tak heran jika permukaan kulit kita dapat di jumpai aneka bakteri, virus, maupun zat polutan. Beberapa jenis bakteri merupakan penghuni yang normal ditemukan pada kulit sehingga tidak akan menimbulkan  penyakit. Tapi beberapa jenis bakteri atau jamur dapat menimbulkan penyakit bila menemukan medium dan kondisi yang tepat untuk berkembang biak.

                Keringat yang dihasilkan tubuh merupakan salah satu medium yang mempermudah pertumbuhan kuman. Oleh karena itu, bila keringat bercampur dengan kotoran yang melekat pada kulit maka dapat menjadi lading pertumbuhan kuan sehingga timbul penyakit kulit. Untuk mencegahnya gunakan sabun yang mengandung zat antiseptik ketika mandi sehabis tubuh berkeringat banyak, misalnya setelah berolahraga. Keluarnya keringat saat berolahraga merupakan mekanisme alami tubuh untuk menjaga suhu tetap normal. Panas yang dihasilkan ketika berolahraga akan dikeluarkan bersama dengan keringat melalui pori-pori tubuh yang terbuka.

                Mandi air hangat akam membantu pori-pori tubuh tetap terbuka dan memperlancar aliran darah. Manfaat lain yang diperoleh dengan mandi air hangat adalah mampu meredakan ketegangan otot setelah berolahraga. Sebaliknya, penggunaan air dingin akan menurunkan suhu tubuh sehingga berpeluang menyebabkan jantung bekerja ekstra untuk mempertahankan suhu tubuh. Padahal selama berolahraga, jantung telah bekerja keras. Oleh karena itu, mandi menggunakan air hangat setelah berolahraga lebih dianjurkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar